Monday, June 17, 2013

Proses Pembuatan Batik Gentongan dari Madura


Batik adalah warisan budaya bangsa Indonesia sejak zaman dahulu.Kebudayaan ini menyebar di beberapa daerah dan menjadikan tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri bagi karya batik mereka.Pada artikel berikut ini,kita akan mengenal lebih jauh tentang proses pembuatan batik Gentongan yang berasal dari pulau Madura.

Seperti halnya batik pesisir,batik Madura  memiliki warna khas biru,dan warna-warna berani seperti merah ,hijau dan ungu.Motif batiknya terinspirasi dari laut,seperti kapal laut misalnya.

 

Proses pembuatannya adalah sebagai berikut :


Langkah awal adalah menyiapkan kain yang akan dibatik.Kain ini kemudian diberi minyak khusus yang dibuat dari buah camplong bernama minyak dempel.Caranya adalah dengan mencelup kain dalam minyak dan menjemurnya tiga kali sehari selama dua minggu. Tujuannya adalah agar gerakan pengrajin batik melukis diatas kain mejadi lebih halus dan serat kain menjadi lebih rapat.Setelah itu,barulah dilakukan proses menggambar motif awal batik diatas kain.

Untuk proses perendaman warna,dilakukan dengan merendam kain pada gentong yang ditempatkan di suatu ruang yang kedap cahaya. Gentong dipakai untuk merendam kain batik berbahan pewarna alami, seperti kulit mengkudu, buah jelawe, kulit pohon jati, kayu jambal, tawas, dan jirek.


Pengrajin batik akan mencelup-celupkan kain batik dalam gentong,mendiamkannya selama 24 jam,lalu mengulang mencelup-celupkannya lagi.Hal ini dilakukan selama enam bulan sampai satu tahun.Hal inilah yang menyebabkan harga kain batik Gentongan mencapai dua hingga lima juta rupiah perpotongnya.Dibutuhkan dedikasi yang tinggi untuk membuatnya.

Ada yang menarik sekali dari batik Gentongan yang tidak terdapat pada kain batik dari daerah manapun juga,yaitu bahwa jenis batik ini dilukis pada kedua sisi kain,bagian sisi luar dan dalam.Tehnik pewarnaannya dengan menggunakan malam sengaja dibuat tidak menutup sempurna sehingga membentuk retakan-retakan alami yang indah.


Hal ini menarik minat beberapa designer ternama untuk menggunakan batik Gentongan sebagai bahan baju yang dirancangnya.sudah selayaknya,kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dengan uniknya proses pembuatan batik Gentongan yang di seluruh dunia ini,hanya terdapat di Madura saja.

Batik tulis,memang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan batik printing atau batik cap.Walaupun demikian,terdapat juga batik printing dengan kwallitas kain dan pewarnaan yang lebih baik ketimbang batik printing lainnya.

Untuk anda penggemar batik,toko kami  menyediakan berbagai macam pilihan batik dengan model batik sarimbit,kemeja batik,bolero bolak balik dll.

3 comments:

  1. Pasongsongan Madura
    Site Karya Anak Kampung Untuk Desa Tercinta Berisi Tentang Ragam, Kabar, Kuliner, Seni Dan Budaya, Serta Berita Dari Desa Pasongsongan Dan Sekitarnya Khususnya Wilayah Madura Juga Sebagai Agen Pemasaran Yang Menawarkan Media Promosi Dan Periklanan Dari Produk Usaha Dan Bisnis Anda

    Kunjungi Dan Join :
    http://khaspasongsongan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Terimakasih untuk sharing informasinya.. Jika anda membutuhkan alat membatik dan pewarna batik berkualitas dengan harga murah, anda bisa mendapatkannya di Fitinline..

    ReplyDelete